Hitung Manual KPU, Jokowi-Ma’ruf Digdaya, ini Tanggapan PDIP

rekapitulasi suara

topmetro.news – PDIP minta semua pihak untuk move on. Sebab proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 semakin menunjukkan kemenangan Paslon Jokowi-KH Ma’ruf Amin sesuai hasil hitung cepat (quick count/QC) sejumlah lembaga survei independen.

Begitu juga hasil untuk pemilu legislatif menempatkan mayoritas kekuatan parlemen akan dipegang parpol pendukung Paslon 01. Bahkan, PDIP pun mengucapkan selamat kepada dua parpol pendukung Prabowo-Sandi, yakni Gerindra dan PKS.

Menurut Sekjen PDIP, proses rekapitulasi suara manual secara berjenjang oleh KPU makin memastikan kemenangan Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Satu hal yang pasti, hal ini membuktikan hitung ceoat tidak pernah meleset karena bertumpu pada metode ilmiah. Hal ini sekaligus membantah klaim Kubu Prabowo-Sandi mengenai kemenangannya.

“Hasil pemilu ini adalah kemenangan rakyat yang semakin mengukuhkan kepemimpinan Jokowi-KH Ma’ruf Amin dengan selisih suara diperkirakan lebih dari 18,5 juta suara,” kata Hasto, Senin (29/4/2019).

BACA | PAN dan Demokrat Berpeluang Gabung Kubu Jokowi

Optimisme Rekapitulasi Suara

Selain itu, rekapitulasi suara manual KPU juga menunjukkan optimisme hadirnya pemerintahan yang semakin solid, efektif, dengan koalisi yang dibangun matang jauh sebelum tahapan pemilu berlangsung. Hal itu berbeda dengan 2014 lalu dimana Jokowi-JK menang namun kursi parlemen tidak mayoritas.

Kata Hasto, simulasi berdasarkan quick count yang mereka lakukan di setiap dapil DPR RI. Koalisi Indonesia Kerja setidaknya mendapatkan 349 kursi atau 60,7%. “Suatu dukungan yang akan memerkuat sistem presidensial. Selamat buat Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” imbuh Hasto.

Maka itu, Hasto meyakini rakyat takkan membiarkan berbagai isu yang dilontarkan pihak tertentu yang tujuannya menghasut. Sebab hasil pemilu adalah legitimasi posisi rakyat yang lebih mendukung Jokowi-Ma’ruf beserta parpol koalisinya.

Baginya, mereka yang berteriak terjadi kecurangan merupakan hal yang biasa terjadi dalam pilkada, pileg dan pilpres. Kesemuanya bagian dari dinamika pemilu. “Kita move on saja. Saatnya bicara Indonesia ke depan. Bagaimana struktur kabinetnya, apa skala prioritas kebijakan Pak Jokowi dan lain-lain,” kata Sekretaris TKN tersebut.

PDIP juga mengucapkan selamat bagi seluruh Parpol KIK. Termasuk parpol yang mendukung Prabowo-Sandi yang telah mencapai hasil terbaik dalam pemilu jurdil sehingga banyak yang lolos ‘parliamentary treshold’.

“Kami meyakini bahwa Gerindra dan PKS pun puas dengan hasil pemilu yang telah memberikan penambahan kursi bagi kedua partai tersebut. Tanpa pemilu jurdil dan demokratis, mustahil Gerindra dan PKS bisa melenggang dengan penambahan kursi yang signifikan itu,” ujarnya.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment